Superhero?

Beberapa saat yang lalu gw liat lagi trilogy batman bikinan C. Nolan..dan gw baru sadar bagaimana jeniusnya si Nolan ini. Jenius, out of the box dan super kreatif…
Banyak adegan dan cerita yang ada di film ini sepertinya gak berarti apa apa tapi malah kadang justru disitu letak batmannya..

dan gara gara hal tersebut gw jadi pengen nulis ini..
Kalian sadar gak sih kalo dari awal tuh batman gak pernah yang namannya ngelawan penjahat ecek2.. seperti pada film superhero pada umumnya..

biasannya plotnya film superhero seperti ini :

1. Superhero yang masih orang biasa setress tekanan batin
2. Superhero mendapatkan kekuatan super
3. Adegan setelahnya adalah superhero keliling kampung kota buat cari penjahat recehan untuk di basmi

4. Si superhero akhirnya kena batunya ketemu penjahat yang canggih..

5. SUperhero kalah..

6. Superhero menang

7. End

nah.. buat yang pernah nonton batman seri sebelumnya, spiderman, spawn, amazing spiderman, superman pasti apal banget plot diatas..

dan mnurut gw plot tersebut sangat konyol.. dan gak realistis, mana ada sih orang segitu gilannya tiap malem patroli keliling kota cuma buat cari penjahat recehan..

mana mau sih orang sampe segitunnya..

tapi di film batman bikinan nolan ini dia beda..

Si batman ini atau si bruce wayne berubah jadi batman gak setiap saat.. dia cuma melakukannya saat polisi sudah tidak mampu lagi berbuat banyak.

dan menurut gw harusnya seperti itulah superhero, dia tidak setiap saat ada kasus dan kejadian pasti nongol.. namun dia hanya akan muncul saat kondisi sangat kritis dan membutuhkan orang dengan dedikasi tinggi..

Superhero bikinan nolan ini sangat logis, itu mengapa gw suka banget dan bisa menonton berkali kali. Gw bisa bayangin diri gw jadi batman dan melakukan semuannya.. dan harusnya seperti itulah film superhero, dia harus mampu membawa penonton untuk menjadi bagian dari film tersebut sejenak..

Pada dasarnya gw suka konsep si batmannya nolan ini yang gak sembarangan membasmi kejahatan, tapi dia hanya melawan musuh yang “selevel” kenapa..? ya karena si bruce wayne ini adalah bisnisman.. kalo tiap malem ronda keliling kota cari2 penjahat gimana dia mau kaya..????

Batman ala nolan ini menjadi superhero yang efektif dan produktif di satu sisi, artu like this..

dan begitu pula seharusnya kita menjalani hari hari kita, memang banyak hal yang bisa kita lakukan.. tapi tidak semuannya harus kita lakukan. Skala prioritas dan tingkat produktifitas bisa kita gunakan untuk memilah mana yang harus dilakukan dan mana yang harus kita biarkan orang lain melakukannya, sama seperti batmannya nolan kasih kesempatan buat polisi untuk membasmi penjahat2 yang masih bisa di basmi sama polisi..

Paretto Law & Parkinson Law

Gw rasa bruce wayne sudah tahu tentang hukum ini.. disatu sisi dia bisnisman dan disatu sisi dia adalah detektif nomor satu didunia, bayangkan seberapa cerdasnya dia..

Parreto Law adalah hukum yang menyatakan bahwa 80% hal yang terjadi dihidup kita diakibatkan oleh 20% hal yang kita lakukan..

seorang superhero gak harus melakukan 80% untuk menghasilkan 20%, justru dia cuma harusnya melakukan 20% agar mampu memberikan dampak 80%.. dan biarkan 80% lainya orang lain yang lakukan..

ngerti? kalo bingung traktir gw kopi, nanti kita crita crita :)

Nah.. Superhero yang seperti apakah elo…? apakah lo udah nemuin 20% tersebut?